Empat Hal Penting Dalam Menjaga Kesehatan

Anda pasti nggak mau dong pekerjaan Anda terhambat apalagi sampai jobless gara-gara sakit. Maka demi kelancaran tugas dan aktivitas Anda, jagalah kesehatan. Nah di bawah ini adalah ‘empat hal pokok’ yang dapat Anda lakukan dalam rangka menjaga kesehatan :






Makan Teratur

Kebiasaan makan yang tidak teratur menyebabkan sistem pencernaan Anda terganggu. Hal ini jelas akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Dan kesehatan yang terganggu akan mempengaruhi konsentrasi kerja Anda. Maka jangan menunda-nunda makan jika sudah tiba waktunya, sekalipun Anda sedang sibuk. Setidaknya jika Anda tidak sempat keluar ruangan karena sedang dikejar deadline, Anda bisa minta tolong dibelikan makanan dan menyantapnya di meja Anda. Tapi usahakan mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi seimbang.


Rileks

Banyak orang melakukan kegiatan santai untuk menghilangkan kepenatan. Padahal disamping itu rileks dapat melupakan kekhawatiran dan mengalihkan pikiran yang suntuk akibat pekerjaan. Orang yang selalu menyempatkan diri untuk rileks meski sedang sibuk adalah orang-orang yang tahu menjaga kesehatan. Karena dengan rileks, Anda terhindar dari stress, kelelahan dan depresi.


Tidur

Setelah seharian bekerja, tubuh Anda perlu waktu untuk mengembalikan vitalitas dan energi. Caranya adalah dengan tidur cukup. Karena itu pakar kesehatan mengatakan, “Adalah hal yang bodoh jika Anda meningkatkan produktivitas dengan mengurangi jam tidur”. Waktu ideal untuk tidur adalah enam sampai delapan jam sehari. Ingat, meskipun Anda dalam keadaan tidur, pikiran bawah sadar Anda tetap bekerja. Maka pikirkanlah hal-hal yang menyenangkan sebelum tidur. Tidur dengan pikiran yang buruk akan mengurangi kualitas tidur Anda yang sesungguhnya.


Olahraga

Olahraga yang dilakukan dengan baik dapat menjadi perangsang fisik dan mental sekaligus melenyapkan kemalasan. Olahraga mengajarkan Anda untuk lebih gigih dan konsentrasi dalam hal apapun, termasuk pekerjaan. So, sempatkanlah berolahraga walaupun hanya sebentar. Olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sibuk, karena selain ringan dan tidak memakan banyak waktu, olahraga ini terbukti dapat menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.


Mudah kan menjaga kesehatan? Jika Anda mempraktekkannya dengan benar pasti deh Anda akan sehat. Karena kesehatan akan mendukung kelancaran aktivitas Anda. Tapi ingat, selain keempat hal tersebut ada satu hal penting yang juga membantu kesehatan Anda yaitu positive thinking. Nah yang satu ini akan menyehatkan mental Anda yang juga berpengaruh pada kesehatan fisik Anda. Selamat menjaga kesehatan.


sumber :
www.2ndchoices.com

  


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>