Oleh-Oleh Kuliner Kota Semarang

Sehubungan dengan oleh-oleh kuliner, Semarang biasanya identik dengan lumpia, wingko babat dan bandeng duri lunak yang lebih populer dengan istilah bandeng presto. Ketiganya dapat kita jumpai di sepanjang salah satu sisi Jalan Pandanaran.

Selain pedagang kaki lima, oleh-oleh tersebut juga tersedia di toko-toko besar seperti Bandeng Juwana yang sudah dikenal sejak tahun 1981. Di toko ini tidak saja tersedia berbagai macam bandeng duri lunak dan tanpa duri, tapi juga penganan kecil khas Jawa Tengah lainnya seperti moci, enting-enting, jenang, getuk, wajik, pukis sampai cake dan roti jaman dulu yang disebut Gandjelrel yang artinya bantalan rel kereta (jawa: ganjel rel).

Satu lagi oleh-oleh kuliner khas Semarang yang banyak digemari, yaitu Tahu Serasi. Merek Serasi diberikan oleh mantan Bupati Susmono ketika merasakan enaknya tahu yang disuguhkan saat berkunjung. Walaupun belum dimasak atau digoreng, bahan tahu yang dapat ditemukan dalam ruangan pengolahan tersebut ternayat sudah matang, terasa lembut dan fresh. Untuk membuat Tahu Serasi yang enak, paling penting adalah higienis dan keaslian bahannya terjaga, sedangkan cara pembuatannya sama saja. Kedelai direndam 4 sampai 5 jam lalu digodok kemudian diberi bibit fermentasi untuk menjadi tahu. Air yang keluar setelah kedelai menjadi tahu nantinya digunakan kembali sebagai bibit fermentasi. Dengan begitu tidak akan ada limbah yang merusak lingkungan sekitarnya. Air limbah tahu tersebut, apalagi yang sudah diendapkan, sangat bagus untuk tanaman. Penggodokan dilakukan dengan menggunakan kayu bakar dan memakai panci yang tinggi sehingga bau bakaran tidak akan mempengaruhi tahu.

Guna menghindari racun yang mungkin timbul dari zat besi maka semua panci dan alat-alat lain menggunakan bahan dasar stainless steel. Selain Tahu Serasi, di Semarang juga diproduksi susu sari kacang kedelai. Kebanyakan orang takut untuk minum sari kacang kedelai karena dapat menyebabkan asam urat. Padahal selama kulit kacang kedelainya tidak ikut dimasak, malah bagus untuk mengobati asam urat.


sumber :
www.2ndchoices.com

  ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>