Tips Meningkatkan Kekuatan Sinyal Jaringan Wi-Fi

Wi-Fi hanyalah berupa gelombang radio, maka banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan bagi sinyalnya. Tapi sinyal Wi-Fi yang kuat dapat memberikan kinerja lebih cepat dengan cakupan jarak yang lebih luas, jadi sangatlah penting untuk menempatkan dan mengkonfigurasi router Anda dengan benar agar mendapatkan kekuatan sinyal yang optimal.


Arahkan Antena Ke Atas

Router pada umumnya memiliki antena yang fleksibel dengan posisi arah yang dapat diatur. Saat pertama kali, antena kerap diposisikan horisontal dengan tujuan agar muat diletakkan dalam kotak kemasannya. Jadi untuk mendapatkan kekuatan sinyal yang maksimal, rubah posisi antena router Anda secara vertikal, menunjuk lurus ke atas. Jika memiliki dua antena, router tidak akan dapat bekerja optimal apabila Anda mengarahkan antenanya ke posisi yang berbeda.


Tempatkan Router Dengan Benar

Pertimbangkan dimana Anda akan meletakkan router. Jika Anda memiliki rumah atau kantor yang besar, tempatkan router tepat di pusat bangunan untuk memaksimalkan cakupan sinyalnya. Jika menempatkan router di salah satu ujung bangunan, dapat dimungkinkan Anda akan mendapatkan lemahnya (atau bahkan tidak ada) sinyal saat ada di ujung bangunan yang lain. Akan tetapi jika Anda sudah menempatkan router di salah satu ujung bangunan dan kekuatan sinyalnya tidak bermasalah di ujung yang lain, Anda tidak perlu untuk memindahkannya.

Untuk mendapatkan cakupan sinyal yang maksimal, router juga harus diletakkan di tempat yang tinggi. Meletakkannya di lantai adalah lokasi terburuk – tempatkan router di rak yang tinggi, jika memungkinkan.


Hindari Gangguan

Jangan letakkan router di atas atau dekat dengan benda logam yang besar, seperti misalnya rak logam atau lemari arsip, karena dapat memblokir sinyal. Logam atau dinding batu dapat memblokir Wi-Fi, sedangkan kayu dan dinding dari semen tidak akan menimbulkan masalah.

Sebisa mungkin sumber gangguan lainnya pun harus disingkirkan. Sebagai contoh: oven microwave, telepon nirkabel 2,4 GHz dan alat monitor bayi 2,4 GHz memiliki potensi mengganggu sinyal Wi-Fi 2,4 GHz . Jika ada salah satu dari perangkat tersebut yang terletak sejajar antara laptop dan router, maka akan menyebabkan sinyal Wi-Fi Anda hidup mati. Solusinya hanyalah dengan memindahkannya. Jika mendapatkan gangguan dari telepon nirkabel 2,4 GHz, maka dapat menggantinya dengan telepon nirkabel 5,8 GHz karena bekerja pada frekuensi yang berbeda dan tidak akan mengganggu sinyal Wi-Fi.


Pilih Saluran Wi-Fi Terbaik

Jika Anda berada di tempat dengan banyak jaringan Wi-Fi yang berbeda – seperti di sebuah komplek apartemen atau mungkin hanya di sebuah rumah yang dekat dengan rumah lain – jaringan Wi-Fi tetangga bisa mengganggu sinyal Wi-Fi router Anda. Untuk meminimalkan hal tersebut, jika bisa pindahkan router Anda menjauh dari titik akses Wi-Fi lainnya. Misalnya, jika Anda berada di sebuah apartemen dengan router ada di sudut ruangan, mungkin saja tetangga Anda juga memiliki router tepat di sisi lain dinding.

Solusi lain adalah dengan beralih ke saluran Wi-Fi yang berbeda. Anda dapat mengakses pilihan tersebut di halaman pengaturan router – lihat di buku instruksi manual router Anda untuk petunjuk cara melakukannya (jika tidak memiliki buku instruksi manual, mungkin bisa mendapatkannya dengan mudah secara online). Temukan pilihan saluran Wi-Fi di web interface router dan ubah ke saluran lain yang lebih sedikit gangguannya.

Mungkin hal itu membutuhkan sedikit uji coba guna menemukan saluran yang terbaik. Untuk mempermudah Anda memilih saluran Wi-Fi, bisa menggunakan aplikasi android Wi-Fi Analyzer yang akan memantau jaringan Wi-Fi di sekitar dan merekomendasikan saluran yang tidak terlalu ramai untuk jaringan Anda. Sayangnya, aplikasi serupa tidak tersedia untuk iPhone atau iPad karena keterbatasan tempat pada pengembang aplikasi.


Begitulah – yang benar-benar harus dilakukan hanyalah dengan menempatkan router di posisi terbaiknya dan memilih saluran Wi-Fi yang ideal untuk mengoptimalkan jaringan Anda. Tentu saja, membeli router baru yang mendukung teknologi modern dalam meningkatkan sinyal Wi-Fi standar, juga merupakan solusi untuk mendapatkan tambahan kekuatan sinyal dan kecepatan.


sumber :
www.ehow.com

  , , , ,


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>